IDA NAPITUPULU, KETUA PC KOTA BEKASI: PEWARTA KRISTIANI HARUS MEMEMILIKI TANGGUNG JAWAB MORAL DAN ETIS DALAM MENJAGA INTEGRITAS PROFESI

Liputan
Bagikan:

T3lusur.com Kota Bekasi Peran jurnalis Kristiani dalam meningkatkan kesadaran publik akan kedamaian dalam pelaksanaan pilkada kota bekasi 2024, sungguh sebuah panggilan yang tidak hanya mendesak, tetapi juga sangat relevan dengan dinamika sosial dan politik yang tengah dihadapi. Oleh karenanya, Jurnalis yang bertanggung jawab memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik. Hal ini ditegaskan Ketua PC Pewarna Indonesia Kota Bekasi Nurhaida Napitupulu dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Cabang dan Pelatihan Dasar Jurnalistik, hari ini, Sabtu (11/05/2024).

“Sebagai jurnalis yang bertanggung jawab, kita memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik, menyebarkan informasi yang benar dan akurat, serta mendorong dialog yang membangun dan mengedepankan nilai-nilai kebenaran, keadilan, dan perdamaian,” ungkap Ida begitu ia disapa.

Lebih lanjut, Ida menyatakan bahwa Jurnalis Kristen harus mampu menyikapi pelaksanaan Pilkada Kota Bekasi dengan penuh tanggung jawab moral dan etis untuk menjaga integritas profesi sebagai jurnalis Kristiani.

“Pilkada adalah momen penting dalam kehidupan demokrasi kita. Ini adalah saat di mana kita sebagai warga negara memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan memimpin dan mewakili kita dalam menjalankan pemerintahan. Namun, sayangnya, seringkali proses Pilkada juga disertai dengan dinamika politik yang tidak sehat, konflik, dan polarisasi yang dapat mengancam kedamaian dan persatuan kita sebagai bangsa,” tutur Ida Napitupulu.

“Dalam konteks ini, sebagai jurnalis Kristiani, kita memiliki tanggung jawab moral dan etis untuk menjaga integritas profesi kita, menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan keadilan, serta menjadi agen perdamaian dalam liputan kita. Kita tidak boleh terjebak dalam polarisasi politik atau menjadi alat bagi kepentingan tertentu. Sebaliknya, kita harus tetap berpegang pada prinsip-prinsip kejujuran, kemandirian, dan keseimbangan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” tutur Ida Napitupulu lagi.

BACA  Antonius Benny Susetyo: Mencari Pemimpin Berjiwa Pancasila

Sementara itu, terkait pelaksanaan Pelatihan Jurnalistik Dasar, Ida berharap kegiatan ini dapat membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas dan fungsi jurnalistik.

“Melalui acara ini, kita akan bersama-sama menjalani pelatihan jurnalistik dasar yang akan membekali kita dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugas-tugas kita sebagai jurnalis. Kita akan belajar tentang etika jurnalistik, teknik penyusunan berita, dan bagaimana menyampaikan informasi dengan cara yang objektif dan berimbang,” ujar Dosen STT Bethesda Bekasi ini.

“Semua ini adalah investasi yang sangat berharga bagi kita semua, karena dengan memiliki kemampuan yang lebih baik, kita akan dapat menjalankan tugas kita dengan lebih efektif dan profesional,” ujarnya Ida Napitupulu lagi.

Ditambahkan Ida lagi, Pelatihan Jurnalistik kiranya menjadi momentuk dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan serta memperkuat jaringan kerjasama dalam melayani masyarakat melalui profesi jurnalistik.

“Acara ini juga merupakan momentum untuk kita saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta memperkuat jaringan kerjasama di antara kita sebagai wartawan Kristen di Kota Bekasi. Kita adalah bagian dari sebuah komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu melayani masyarakat melalui profesi jurnalistik, dengan memegang teguh nilai-nilai iman dan moralitas yang kita yakini,” sebut Ida Napitupulu.

“Dengan demikian, saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya. Mari kita terbuka untuk belajar dan bertumbuh bersama, serta berkomitmen untuk menjalankan tugas kita dengan penuh tanggung jawab dan integritas. Semoga Tuhan memberkati acara ini dan memimpin langkah-langkah kita selanjutnya dalam pelayanan-Nya. Terima kasih, Tuhan memberkati kita semua,” tutup Ida Napitupulu.

Sebelum sambutan Ketua PC Kota Bekasi, acara Rakercab dan Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung di Aula Kampus STT Kerusso Indonesia lt. 5, Jl. Bambu Kuning Selatan, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, diawali dengan Ibadah dengan menghadirkan Pdt. Sadark R. Ranti, M.A., Gembala GSJA Imanuel Kota harapan Indah yang juga sebagai Penasehat PC Pewarna Indonesia Kota Bekasi.

BACA  Hadir di GA-WSCF di Berlin, Ketum GMKI: Bangga Mewakili Indonesia dan Bertemu Delegasi Seluruh Dunia

Hadir sekaligus memberi sambutan, Plt. Ketua PD Jabar, Ibu Anna Kezia, Ezra Simorangkir Sekretaris DPD MUKI Kota Bekasi, Michael LL Lengkong Pemred Telusurnews.com. Tak ketinggalan, Ketua Panitia Johny Rio Breznev menyampaikan terima kasih kepada semua donatur termasuk Pemkot Kota Bekasi yang telah mendukung suksesnya acara Rakerecab dan Pelatihan Jurnalistik yang digelar PC Pewarna Indonesia Kota Bekasi. (RSO)

 

 

 

 

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.