Kereta cepat

KCIC Moda Transportasi Terbaru dari KAI Cepat dan Halus Jalannya

T3LUSUR
Bagikan:

T3lusur.com Jakarta Perjalanan Jakarta Bandung yang biasanya di tempuh melalui kendaraan melalui jalan Tol dengan waktu tiga jam ini,. dengan kehadiran Kereta Cepat Indonesia China waktu itu bisa diperpendek hanya sekitar 45 menit. Woow keren, bagi pengusaha muda, para pejabat yang padat dengan jadwal kini bisa bernafas lega. Waktu adalah uang kini terjawab, tanpa macet-macet dan lelah langsung bisa sampai tujuan.

Terakit dengan KCIC ini, apakah benar seperti yang ditawarkan para Wartawan yang tergabung di wadah Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA), Sabtu 7 Oktober 2023 diberikan kesempatan menjajal kereta cepat KCIC yang baru saja diresmikan presiden Joko Widodo.

Naik dari stasiun Halim Jakarta pukul 09.45 dan kembali lagi dari stasiun Tegal Luar Bandung pukul 15.30 WIB sungguh para pekerja media ini menikmati moda transportasi baru KCIC yang berkapasitas penumpang 600-an orang.

Kereta cepat Indonesia China (KCIC) yang menempuh rute Jakarta Bandung yang dimulai dari stasiun Halim Jakarta hingga stasiun Tegal Luar Bandung saat ini sedang berbenah diri untuk sarana dan prasarana penunjangnya. Hal itu masih terlihatnya para pekerja yang masih hilir mudik menata taman, took-toko dan beberapa ruang yang dipakai awak kereta api.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. Memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki  empat stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar dengan satu depo yang berlokasi di Tegalluar. Setiap stasiun akan terintegrasi dengan moda transportasi massal di setiap wilayah.

Dengan kecepatan hingga 350 km/perjam jarak tempuh hanya sekitar 45 menit saja. Dengan kecepatan tersebut ada salah satu teman wartawan yang mengatakan rasanya baru duduk kok sudah sampai. KCIC sekalipun banyak dihujat oleh para oknum pembenci Jokowi, namun ini sebuah terobosan yang baru bagi perkereta apian Indonesia. Bahkan ini kereta cepat pertama kali setelah menunggu sekian tahun padahal di beberapa negara Asia sudah memiliki puluhan tahun yang lalu.

BACA  Etika Global dan Etik Profetik Perlu Segera Membumi Di Negeri Ini

Perlu diketaui bahwa tariff yang direncanakan antara 250 hingga 300 ribu tak rugi apalagi bagi kaum pengusaha muda dengan padatnya jadwal meeting tentu sangat membantu membagi waktu.

Perjalanan kereta yang nyaman bahkan seakan kayak namanya Woosh KCIC memang benar-benar wes wes cepat dan nyaris tak terdengar suaranya. stefanie

 

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.