Di hati rakyat, Ganjarlah penerus program Jokowi

Opini
Bagikan:

By. Luther Kembaren

T3lusur.com Tangerang Mayoritas rakyat yang puas akan kinerja Presiden Jokowi memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden. Lalu, yang ingin program Presiden dilanjutkan percaya bahwa Ganjar Pranowo lah penerusnya. Dan, di antara sejumlah nama yang disodorkan untuk dipilih sebagai capres, hanya nama Ganjar Pranowo yang paling diingat (top of mind) rakyat.

Kesimpulan di atas hasil dari sejumlah lembaga survei terkemuka di Indonesia. Saifulmujani Research & Consulting (SMRC) menyebut 78,8% warga puas kinerja Presiden. Survei Indikator Politik (IP) Maret 2023, menemukan kepuasan responden atas kinerja Presiden 73,1%. Dan, Survei Indobarometer pada Januari 2023 menyebutkan 76,7% puas kinerja Presiden.

Survei SMRC juga menyebutkan 64% responden ingin program Presiden dilanjutkan capres berikutnya, dan capres yang dipercaya untuk meneruskan program Presiden Jokowi adalah Ganjar Pranowo 58%. Jadi, meski Presiden mengendorsement berbagai ciri para capres, maka itu dipahami rakyat bahwa Ganjarlah yang dimaksud oleh Presiden sebagai pemegang tongkat estafet itu.

Alasan dan pertimbangan calon pemilih mendukung Ganjar Pranowo dapat diletakkan pada sejumlah fakta antara lain, keberhasilan memimpin Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jateng naik dari posisi tinggi ke sangat tinggi di atas 70% pada 2022 berdasarkan Data Pusat Statistik (BPS).

Survei BPS menyebutkan penyelesaian pendidikan rakyat Jateng di semua jenjang tumbuh dalam 5 tahun terakhir sejak 2016. Proporsi rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sanitasi naik menjadi 84,37% pada 2022 dari 66,68% di tahun 2015.

Untuk meraih capaian itu, tentu Ganjar memiliki keberanian yang terarah dan terukur. Bukan asal berani marah, tapi berani ‘mengkonsolidasikan’ semua pemangku kepentingan di Jateng guna membuat rakyat Jateng lebih maju pada semua aspek. Ini modal Ganjar seperti yang diucapkan Presiden Jokowi bahwa Indonesia harus memiliki pemimpin yang berani. Jadi, tidak berlebihan kalau sejumlah lembaga, misalnya, Bappenas menobatkan Ganjar Pranowo sebagai salah satu Gubernur terbaik tahun 2022 dan Gubernur terbaik 2023 versi Infobank dan The Asin Post.

BACA  Cawe-cawe Bukan Karena Kurang Gawe

Torehan keberhasilan itu tentu menambahi portofolio kinerja Ganjar, yang diyakini dapat diterapkan membangun Indonesia menyongsong bonus demografi 2032. Di mana dalam 5 tahun ke depan, pembangunan berbagai infrastruktur, seperti Trans Sumatera, Kalimantan dan Papua serta fasilitas lainnnya mesti rampung. Sebab distribusi ekonom wajib merata agar mampu mengimbangi lonjakan tenaga kerja baru pada 2023 dengan kemunculan berbagai fasilitas produksi industri manufaktur.

Maka, kalau hari ini ada pendukung Jokowi dinarasikan ingin capres selain Ganjar, itu mungkin saja narasi yang dimunculkan seolah-olah pendukung Jokowi terbelah-belah. Sebab pendukung Jokowi tahu bahwa hasil survei SMRC menunjukkan 39% responden berpendapat capres Prabowo Subianto akan mengubah program Presiden, tertinggi di bawah Anies Baswedan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.