Resmi terbentuk, GEMA HUTBA disambut hangat oleh mahasiswa ilmu hukum UT

Liputan
Bagikan:

T3lusur Bandung – Dalam kegiatan buka bersama yang digelar di Cafe Mokopi Garden Bandung pada 2 april 2023 kemarin yang mana dihadiri lebih dari 60 mahasiswa menghasilkan sebuah gagasan untuk menciptakan pelaku sejarah baru akhirnya terbentuk organisasi GEMA HUTBA.

GEMA HUTBA atau Gerakan Mahasiswa dan Aktivis Ilmu Hukum Universitas Terbuka Bandung tercetus pertama kali dari pembicaraan anak muda diantaranya Lula, Giwa, Willy dan Asep di salah satu rumah makan di baleendah bandung pada 27 Maret 2023 silam, yang mana dalam rembukan tersebut baru sebagai titik awal untuk pembentukan sebuah organisasi yang independent.

Dari awal mula tersebutlah yang akhirnya disusun dalam pertemuan melalui sambungan pesan suara whatsapp yang melibatkan ke-11 orang yang menjadi perintis keorganisasian tersebut yang mana diketahui bahwa nama-nama tersebut adalah Asep Supriana, Dela Nafila R, Anisa Nafsah T, Alya R Muffaidah, Giwa G Limbong, Willy Herman W, Aldonny, Muhamad Ikbal, Elievira T Celula, Mutiara Latifani dan Rika Oktazeni.

Dari ke-11 pemuda tersebut pada akhirnya memutuskan untuk menyetujui sebuah nama yang di gagas oleh Asep Supriana yang mana nama tersebut adalah GEMA HUTBA atau Gerakan Mahasiswa dan Aktivis Ilmu Hukum Universitas Terbuka Bandung, pada jumat(31/03/23) lalu.

Diketahui lebih lanjut, dalam rangka pembentukan organisasi tersebut yang mana mengambil kesempatan dalam acara buka bersama yang di adakan di cafe Mokopi Garden Bandung pada minggu 2 april 2023 adalah bukan suatu kebetulan melainkan kesempatan yang sangat tepat, Ujar Asep.

Dari pantauan awak media dalam pembentukan organisasi GEMA HUTBA tersebut akhirnya kesemua panitia dan peserta yang hadir dan menyepakati bahwa yang menjadi Ketua Umum yakni Asep Supriana.

BACA  Bimas Kristen Kalteng Menjaga Komunikasi dalam membangun Moderasi Beragama

Selain itu susunan organisasi yang dibentuk pada 2 april 2023 diantaranya

1. Ketua Umum : Asep Supriana
Ketua 1 : Giwa G Limbong
Ketua 2 : Willy Herman W

2. Sekretaris Jenderal : Ferdyanto
Sekretaris 1 : Elievira Taniar Celula
Sekretaris 2 : Anisa Nafsah T

3. Bendahara Umum : Dela Nafila R
Bendahara 1 : Mutiara Latifani
Bendahara 2 : Rika Oktazeni

4. Devisi Media dan Advokasi
ketua : Aldonny
Anggota :

5. Devisi OKK
Ketua : Muhamad Ikbal
Anggota : Akmal

6. Devisi Sertifikasi dan Pengembangan
Ketua : Santi Nur Aini

7. Devisi Kreatif
Ketua : Nunu

8. Devisi kerohanian
Ketua : Alya R Muffaidah

Rapat pembentukan pengurus organisasi GEMA HUTBA tersebut berlangsung selama dua jam hingga menghasilkan sebuah titik tolok ukur untuk pembentukan organisasi tersebut. Sementara itu rapat pembentukan dipimpin oleh salah satu dari ke-11 panitia buka bersama yaitu Aldonny sebagai moderator.

Pantauan awak media pembentukan kepengurusan GEMA HUTBA terlihat sangat disambut baik oleh mahasiswa ilmu hukum UT bandung lantaran semua mahasiswa juga sangat ingin ada wadah yang mewadahi setiap kegiatan yang akan digelar oleh mahasiswa.

Aldonny mengatakan “pembuatan organisasi ini adalah untuk mewadahi mahasiswa yang didalamnya bisa membuat berbagai kegiatan diantaranya Pelatihan jurnalistik, pelatihan persidangan dll”, ucapnya (02/4/22).

Lebih lanjut Asep Supriana juga mengatakan bahwa “GEMA HUTBA ini kita bentuk atas dasar adanya dukungan dan support dari Universitas Terbuka Bandung yang mana melalui Lula dan Aldonny bahwa sebaiknya kita mendirikan organisasi mahasiswa untuk mewadahi mahasiswa”.

“kata Mahasiswa dan Aktivis adalah dua hal yang berbeda namun kita dapat satupadukan menjadi satu wadah yaitu GEMA HUTBA, hal tersebut karena kita tidak selamanya akan terus menjadi mahasiswa dan pastinya akan lulus tapi kita masih bisa aktif di Aktivisnya tersebut”.

BACA  Kerjasama Partai Politik Harus Berdasarkan Visi Indonesia Merdeka dan Nilai-Nilai Pancasila

“Saya percaya eksistensi rekan-rekan turut mendukung dan saling mensupport pergerakan kita agar kita bisa menciptakan sejarah yang mana akan dikenang oleh anak-anak kita kelak, keren bukan? Ini adalah langkah awal dan perjalanan masih panjang untuk kepengurusan legalitas organisasi kita agar tidak ilegal” tutur Asep.

Sambung Giwa “Kita membentuk organisasi GEMA HUTBA adalah untuk mewadahi baik mahasiswa aktif dan Aktivis, dimana kita bisa saling bekerjasama tolong menolong didalamnya, jangan takut jika ada masalah jangan enggan untuk bercerita selagi kita bisa bantu pasti kita bantu, kita adalah kawan” Tegasnya.

Pembentukan kepengurusan organisasi GEMA HUTBA akhirnya disepakati dan disetujui oleh 33 orang yang pada saat itu hadir dalam forum rapat tersebut dan kemudian diketok palu bahwa kepengurusan GEMA HUTBA resmi berdiri pada 2 April 2023.

Jurnalist : Willy Herman W.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.