JDP Menyampaikan Respek Kepada Gereja Katolik Roma Atas Penetapan Ps Theopilus Maatopai You Pr, Sebagai Uskup

Liputan
Bagikan:

T3lusur Manokwari Jaringan Damai Papua (JDP) menyampaikan respek dan rasa hormat yang tinggi kepada Gereja Katolik Roma secara umum dan khususnya kepada Paus Fransiskus yang telah menetapkan Pastor Yanuarius Theopilus Maatopai You, Pr sebagai Uskup Jayapura di tahun 2022 yang lalu.

Kemudian pada hari ini, Kamis (3/2) sekitar jam 10:00 wit telah ditahbiskan menjadi Mgr.Yanuarius Theopilus Maatopai You, Pr sebagai Uskup Jayapura secara resmi menurut hukum Gereja Katolik Roma. Uskup You menjadi Uskup pertama Gereja Katolik di Tang Papua setelah berlangsungnya Pekabaran injil Gerej Katolik lebih dari 160 tahun di Bumi Cenderawasih tercinta.

Setumpuk harapan dan aspirasi tentu diletakkan di pundak Bapa Uskup You yang berasal dari suku Mee di wilayah adat Mee Pago. Harapan bagi terselesaikannya masalah dugaan pelanggaran HAM. Terutama yang terkait dengan peristiwa pembunuhan petugas Gereja Katolik dan umat Katolik dan Kristen di Tanah Papua selama lebih dari 50 tahun terakhir. Bahkan eksploitasi sumber daya alam yang nampak bakal semakin menggila dengan terjadi rangkain kebijakan pemekaran Provinsi dan Kabupaten/Kota di Tanah Papua.

Bahkan aspirasi menciptakan suasana dan situasi damai di Tanah Papua, sebagai mana telah berulang kali didengungkan oleh JDP dan para mitranya. Semua ini menjadi segudang soal dan kapasitas umat Katolik dan kita semua untuk mencari solusinya secara bersama.

JDP memandang bahwa Uskup You akan menjadi salah satu sumber penting bagi semua pihak dalam mendorong tercapainya cita-cita Papau Tanah Damai. Hanya lewat penyelesaian damai sajalah, JDP percaya konflik sosial politik di Tanah Papua dapat diurai secara lebih adil dan bijaksana oleh semua pihak. Baik Negara termasuk berbagai pihak yang menjadi pihak yang terlibat dalam konflik (TNI, Polri dan TPN Papua Barat, termasuk ULMWP dan faksi-faksi yang lain).

BACA  Silaturrachmi GMRI ke Vihara Toa Se Bio, Jakarta Barat Sepakat Membuat Program Diskusi Bersama

Selamat datang Uskup Mgr.Yanuarius Theopilus Maatopai You, Pr. TUHAN Memberkati mu dan Menolong mu dalam memimpin umat Katolik dan Menjadi Penolong dari TUHAN Bagi seluruh rakyat Papua untuk menatap masa depan yang Baru. CW

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.