Pengamat Sebut Lima Isu Politik Ini Akan Makin Memanas di Tahun 2023

Liputan
Bagikan:

T3Lusur. com  Jakarta – Sejumlah isu akan semakin memanas di tahun 2023 seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan presiden 2024 mendatang. Selain isu mengenai teka-teki siapa Calon Presiden 2024, juga akan semakin menguat isu mengenai sistem pemilihan proporsional tertutup atau terbuka.

Demikian dikatakan oleh Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan Jakarta, Emrus Sihombing dalam acara diskusi akhir pekan Titik Temu yang diselenggarakan oleh Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN), di Jakarta, Sabtu, 7 Januari 2023.

Emrus Sihombing menjelaskan setidaknya ada lima isu besar di bidang politik yang akan mewarnai Indonesia di tahun politik ini. isu tersebut diantaranya adalah soal bagaimana partai Politik atau Koalisi Partau Politik memasarkan Pasangan Capres-Cawapres yang diusungnya.

“Selain itu, di tingkat masyarakat juga akan menguat soal Undang-undang cipta kerja. Seperti kita tahu UU Cipta kerja masih memicu reaksi dari sekelompok masyarakat,” ungkap Emrus Sihombing.

Sedangkan terkait dengan sistem pemilihan proporsional terbuka dan tertutup, kata Emrus Sihombing akan menjadi isu hangat adanya berbagai kepentingan baik para calon legislatif dan kepentingan pattai poitik.

“Isu soal pemilihan proporsional terbuka tertutup ini akan menguat di tahun 2023, meskipun tidak ada gunanya untuk kepentingan rakyat,” katanya.

Lalu yang terakhir, lanjut Emrus Sihombing, adalah isu mengenai pengelompokan koalisi partai politik. Menurutya, isu tentang pengelompokan kolalisi partai pokitik yang menujukkan identitas akan semakin menguat jelang pilpres 2024.

“Walaupun sebenarnya seperti yang saya sering sampaikan dalam sejumlah pertemuan, kita harus menolak politik identitas yang sempit,” tegasnya.*

Bagikan:
BACA  Kapolres Kep Seribu Berikan Penghargaan Kepada Anggota Berprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.