Dating Palembangan Sumpah Pemuda Mengingatkan Kembali Agar Pemuda Saat ini Tetap Bersatu dalam Kebhinekaan

T3LUSUR
Bagikan:

Jakarta t3lusur.com Tepatnya 28 Oktober 2022 bangsa Indonesia memperingati 94 tahun sumpah pemuda. Di mana ketika itu perwakilan dari beberapa anak-anak muda yang berasal dari berbagai suku ada Jong Java, Jong Sunda, Jong Ambon,Jong Celebes dan lain-lain menyatakan sikapnya dengan mendeklarasikan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia, yang kemudian dikenal dengan sumpah pemuda.

Terkait dengan peringatan sumpah pemuda tersebut Dating Palembangan Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) 2007-2011 menanggapi jika ketika itu anak-anak muda hidup dalam suasana perjuangan dengan tujuan mulianya agar bisa mandiri, merdeka dan lepas dari belenggu penjajahan.

Namun seiring perjalanan lanjut Sekretaris Jendral Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) bahwa apa yang diperjuangkan anak-anak muda waktu itu kemudian mewujud dalam pernyataan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 atas nama Soekarno Hatta. Artinya sumpah pemuda tidak bisa dilepaskan dari adanya proklamasi kemerdekaan tersebut.

Dan kini terang Dating perjalanan bangsa sudah 77 tahun sudah mengalami pergantian dari generasi ke generasi berikutnya dan menariknya masing-masing generasi ada tantangannya yang berbeda-beda. Namun demikian setiap generasi tidak boleh mundur tetapi harus tetap maju menghadapi rintangan dan tantangan zaman tersebut.

Kini setelah 94 tahun terhitung sejak sumpah pemuda, kita sudah masuk dalam alam demokrasi serta alam pembangunan, oleh karenanya tatanan demokrasi yang dibangun dan dikembangkan di negara Indonesia ini hendaknya tetap mempertahankan nilai-nilai luhur bahwa kita berbhineka tunggal Ika namun kita tetap satu yaitu Indonesia.

Pemuda kini sebagai generasi pelanjut cita-cita sumpah pemuda, Dating berharap para pemuda masa kini dapat mengisi kemerdekaan di alam demokrasi ini dengan tetap bersatu membangun Indonesia.

BACA  Pewarna Indonesia Bersama GMC Melakukan Penyemprotan Disinfektan Di Kampus dan Rumah Ibadah

Artinya pemuda dengan talenta-talenta yang dimiliki kemudian di satukan menjadi satu kesatuan untuk membangun Indonesia yang maju kuat dan jaya.

“Saya kira inilah harapan besar dari pemuda saat ini sebagai pewaris sekaligus pemilik masa depan Indonesia dengan talenta yang dimiliki bersatu membangun Indonesia tercinta”, tandas Dating yang juga aktif di berbagai kegiatan sosial.

Selamat memperingati 94 tahun sumpah pemuda majulah pemuda dan majulah bangsaku.

 

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.