Rakerda Pewarna PD Jatim Serukan Doa Bersama Bagi Para Korban Kanjuruhan

Liputan
Bagikan:

Jakarta t3lusur.com Masih dalam situasi berduka akibat korban di stadion sepak bola Kanjuruhan Kabupaten Malang, Pewarna dalam Rapat Kerja Pengurus Daerah Jawa Timur, mengajak tokoh-tokoh agama dan ormas kemasyarakatan untuk doa bersama bagi para korban Kanjuruhan Kabupaten Malang yang menelan banyak korban jiwa.

“Saya mengajak teman-teman semua sebagai bentuk simpati atas banyaknya korban yang berjatuhan akibat nonton pertandingan sepak bola di stadion Kanjuruhan,untuk doa bersama, agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan pihak berwajib sendiri segera bisa mengungkap peristiwa ini dengan terang benderang”, ujar M Simamora ketika ditanyakan di sela-sela kegiatan rakerda tentang adanya agenda doa bersama ini.

Rakerda Pewarna PD Jatim digelar di Gereja GPPS Elim Jumat 7 September 2022 mengangkat tema Peranan Penting Pers Dalam Mendorong Lahirnya Sumpah Pemuda.tersebut, dibuka langsung Ketua Umum Pewarna Indonesia Yusuf Mujiono di mana dalam sambutanya Yusuf memaparkan peran dan kerja-kerja Pewarna selama ini.

Seperti bagaimana PEWARNA terus bergerak untuk mewarnai hubungan lintas gereja serta ormas Kristen bahkan lintas agama.

“kehadiran PEWARNA berjuang agar eksistensi umat Kristen untuk kesetaraan.Sehingga dengan kesetaraan itu akan terjalin kerjasama dengan lintas agama”, tandas pria kelahiran Boyolali itu mantab.

Dalam Rakerda juga diadakan seminar menghadirkan tiga pembicara antaranya Daniel Rohi anggota DPRD Prop. Jawa Timur dari PDI Perjuangan, Pdt Jimmy Andre humas BMGK dan Donny Victorius seorang lawyer

Pdt Jimmy Andre dalam paparan singkatnya mengatakan bahwa Perang dunia kedua tentara untuk mengalahkan lawan atau musuhnya menggunakan alat alat senjata untuk menghancurkan lawan. Namun berbeda dengan Wartawan dengan menggunakan pena seperti yang dilakukan tokoh pers Tirto, melalui penanya itu menuliskan tentang menanamkan rasa nasionalisme anak-anak muda, akhirnya melalui tulisan tersebut mampu merubah anak anak muda sehingga melahirkan sumpah muda pada tahun 1928.

BACA  BFCI Kibarkan Merah Putih Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 78th

Sedangkan Daniel Rohi anggota DPRD Prop Jatim bahwa pers harus berperan menyatukan agar Indonesia tetap utuh.

Sesuai UU Pers No 40 tahun 199 tandas Daniel Pers berfungsi sebagai alat informasi, edukasi dan entertaint . Maka Daniel berharap insan pers termasuk Pewarna harus mampu menarasikan suatu berita dengan baik. untuk itu perlu latihan dan banyak membaca dengan demikian akan menghasilkan berita yang enak dibaca dan mampu mengubah paradigma baru.

Terakait dengan pers dan sumpah pemuda hendaknya pers tetap berfungsi menjaga keberagaman agar Indonesia tetap utuh.

Donny Victorius anggota ikadin dan juga wakil ketua pemuda Pancasila Belimbing merasa bangga karena dengan hadirnya pewarna semakin banyak berita berita yang memberitakan tentang kekristenan. Dan di kesempatan tersebut Donny siap mendukung Pewarna terutama ketika ada teman teman jurnalis yang terkena masalah hukum.

Dalam rakerda yang juga dihadiri Dominggus Kapolsek kota Malang dan Meseri wakil Dandim yang diwakili waka Danramil Malang dimana keduanya berharap Pewarna melalui pemberitaannya bisa mencerdaskan bangsa dan selalu menjaga keberagaman. Dan waspada terhadap proxy war.

Rakerda dilanjutkan dengan laporan kerja PD Jatim pasca dilantik bulan Maret 2022 serta pembuatan program kerja 2022 hingga 2023 dengan menargetkan pembentukan Pengurus Cabang tingkat Kabupaten dan kota sejawa timur sekaligus melengkapi data anggota.

Dari para mitra yang hadir seperti PGPI kota Malang, MUKI, Bamag LKKI , GMKI cabang Malang dan berbagai organisasi. Di mana meminta agar Pewarna Jatim terkhusus Malang mampu menjebatani bentuk kegiatan bersama lintas organisasi.

Menjawab harapan tersebut Simamora segera akan menindaklanjuti dengan merayakan natal bersama se Malang..

Mengenai kesiapan menyukseskan agenda Rapat Kerja Nasional Pewarna yang direncanakan di Yogyakarta bulan November nanti, Simamora dan jajarannya siap menyukseskan dengan mengerahkan anggota untuk hadir rakernas bulan November 2022 nanti.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.