KPH Wironegoro Menyambut Baik PEWARNA Menggelar API dan Rakernas di Yogyakarta

Terkini
Bagikan:

Jogyakarta t3lusur. com Menelusuri perjalanan bangsa tidak terlepas dari adat dan budaya, mengingat bangsa yang beragam dengan ratusan budayanya menjadi kekayaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Namun rasa gelisah itu membuncah saat menyaksikan secara pelan dan pasti budaya sebagai warisan luhur bangsa ini mulai tergerus, diganti adanya pihak yang membuat gerakan penyeragaman berbasis agama tertentu.

Berangkat dari keprihatinan sebagai anak bangsa Persatuan wartawan Nasrani Indonesia terus gencar melakukan diskusi ataupun gerakan yang mengajak untuk terus menyuarakan agar kembali kepada budaya leluhur hingga tetap terjaga.

Salah satu upayanya adalah menggelar agenda tahunan yakni pemberian apresiasi kepada figur Nasrani dan figur atau lembaga lintas agama yang dianggap berjasa di bangsa yang dilanjutkan dengan rapat kerja nasional (rakernas) 2022, yang berdasarkan keputusan Rakernas di Denpasar Bali 2021, Yogyakarta Hadiningrat ditetapkan sebagai tuan dan nyoya rumah gelaran nasional Pewarna Indonesia.

Menindaklanjuti keputusan tentang penyelenggaraan Rakernas dan Apresiasi Pewarna Indonesia pihak Pengurus Pusat Pewarna menunjuk Anna Kezia jurnalis pelitanusantara.com menjadi ketua panitia di dampangi Ashiong Munthe sebagai sekretaris panitia.

Dengan tanggung jawab yang diberikan tersebut Anna langsung tancap gas untuk kesuksesan agenda ini. salah satu upaya yang dilakukan dengan menjalin semua pihak untuk meminta dukungan agar gelaran tahunan Pewarna berjalan lancar.

Salah satu langkahnya berkomunikasi pihak Keraton Yogyakarta sebagai pusat budaya yang notebene seiring dengan program dan langkah Pewarna yakni Merevitalisasi nilai-nilai luhur budaya bangsa menyambut Indonesia tumbuh Indonesia tangguh.

“Puji Tuhan upaya bersilaturahmi dengan pihak keraton mendapat sambutan positif dan diterima dengan penuh kekeluargaan”, ungkap ibu satu putri ini bangga.

Rupanya kedatangan Anna Kezia langsung disambut dengan sangat baik oleh Kanjeng Pangeran Haryo (KPH)  Wironegoro MS.c suami Putri Pambayun Selasa 12/7/22 di Ndalem Wironegaran Yokyakarta kota istimewa.

BACA  Lydiawati Dan Samuel Othank Foundation Banyak Membantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Pangeran Haryo setelah mendengar paparan singkat tentang maksud dan tujuan kehadiran Pewarna, langsung menyatakan siap mendukung dan membantu pelaksanaan Apresiasi PewarnaI Indonesia serta Rakernas 2022

Lebih lanjut dalam pertemuan tersebut KPH Wironegoro menegaskan selain memfasilitasi API Kanjeng Pangeran juga siap mendukung pelaksaan rapat Kerja Nasional Pewarna yang rencana akan diikuti 250 peserta yang datang dari berbagai wilayah tanah air.

Pendopo Ajiyasa Yogyakarta rencana tempat penyelenggaraan API dan rakernas Pewarna digelar

“Saya akan berkordinasi dengan tim untuk menyediakan atau memberikan pinjaman tempat di Pendopo Ajiyasa yang berada di lingkungan/komplek Jogja Museum Nasional “m ungkap KPH Wironegoro .

Untuk menindaklanjuti permohonan PEWARNA yang diwakili Ketua Panitia, Kanjeng pangeran langsung membentuk tim kecil yang anggotanya antaranya Gus Azis ( owner Wisata Wulenpari baju coklat samping kanan saya), Pendeta Wahyu dari GKJ Gunung Kidul ( baju biru) serta Mas Toklo ( Chef )

Sangking antusiasnya KPH Wironegoro mempersilahkan atau paring dawuhi ( Perintah) langsung untuk melihat lokasi yang akan digunakan yaitu Pendopo Ajiyasa.

Pertemuan di NDALEM WIRONEGARAN tepat pukul 10.30 WIB hingga 12. 30, rombongan berlangsung penuh kekeluargaan.

Anna Kezia merasa bersyukur atas sambutan dan dukungan dari keluarga keraton ini dan disempatkan tersebut Anna meminta agar dijadwalkan kembali Pengurus Pusat Pewarna dan panitia bisa beraundensi dengan Sultan Hemengkubuwono ke X.

“Trimakasih teman-teman panitia dan juga pengurus pusat yang telah mensupport dan mendoakan pertemuan ini, sehingga diberikan kelancaran dan diterima dengan penuh keakraban dari Pangeran. Saya sadar karena wartawan ini kan identic pas-pasan tentu dengan dukungan dan bantuan pangeran sangat menggembirakan”, tutur Anna Kezia bungah . Ym

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.