Eko Galgendu Jadi Konsep spiritual kebangsaan kenegaraan nusantara ada pada bendera kerajaan majapahit Sang Saka Getah Getih Samudra

T3LUSUR
Bagikan:

Jakarta t3lusur Secara sah nama ibu kota baru Republik Indonesia di Kalimantan Timur adalah ‘Nusantara’. Nama tersebut sesuai dengan pilihan Presiden Jokowi.

Nama ‘Nusantara’ dipilih karena dianggap mewakili keberagaman Republik Indonesia.

Menurut sejumlah literatur, kata ‘Nusantara’ pertama kali tercatat dalam kitab Negarakertagama, untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut oleh Kerajaan Majapahit, yang kawasannya mencakup sebagian besar wilayah Asia Tenggara, terutama pada wilayah kepulauan.

Maka untuk membahas lebih lanjut lagi apa sebenarnya Negarakertagama , Arsip Nasional RI membuat seminar online tentang Nusantara, Nagarakretagama dan persiapan Indonesia secara Zoom pada pada Rabu, 9 Febuari 2022.

Dalam acara ini juga dilakukan MOU kesepahaman bersama ANRI, Perpusnas dan JKPI yang ditandatangani oleh Ketua Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, Kepala ANRI dan Ketua Komite MoW Indonesia dan Ketua Presidium JKPI sekaligus Walikota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto.

Pada sambutannya Dr. Bima Arya menyampaikan rasa bangganya karena bangsa Indonesia mempunyai peninggalan pusaka yang sangat bagus; “Saya baru melihat kejayaan Majapahit dan disini saya merasa bangga karena bangsa kita punya peninggalan pusaka bangsa yang sangat bagus tidak kalah dengan bangsa lain”.

“Sejarah bukan untuk turis tetapi merupakan suatu nilai dari masa lalu dan masa sekarang”, ungkap Walikota Bogor.

Apa yang kita nikmati hari ini adalah ikhtiar dari masa lalu dan apa yang kita lakukan sekarang ini akan dinikmati nanti di masa depan karena sejarah tidak akan pernah habis jika kita pelajari atau telusuri, kata Dr. Bima Arya.

Keynote Speach Dr. Mukhlis PaEni, MA selaku Ketua Pakar MKB dan MoW Indonesia mengatakan; “Negara Kertagama adalah naskah dari karya Mpu Prapanca pada tahun 1365”.

BACA  Narasi Apalagi yang Disuguhkan untuk Menggoreng Publik +62

Mpu Prapanca adalah seorang petinggi aliran Budha yang memegang peranan penting di kerajaan Majapahit.

Awal nama dari karya Negara Kertagama adalah desa wahana yang berarti pelukisan atau penceritaan daerah-daerah.

Manuskrip Negara Kertagama tahun 1894 dibawa ke negara Belanda tetapi 76 tahun kemudian Negara Kertagama dikembalikan kepada pemerintah Indonesia yang secara simbolis diserahkan oleh Ratu Juliana tahun 1970 kepada Presiden Soeharto, baru pada tahun 1972 Negara Kertagama benar-benar dikembalikan ke Indonesia, kata Dr. Mukhlis

Disisi lain, Panelis Eko Sriyanto Galgendu selaku ketua umum Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) dalam berkata tentang Perspektif Spiritual Kenegaraan dalam Mahanani Nusantara dan Nagarakretagama serta Kearsipan Indonesia ;

“Kejayaan Nusantara adalah kejayaan spritual seperti terlihat adanya dibangun candi Borobudur dan Candi Prambanan, waktu Majapahit mencapai kejayaan maka disitulah menjadi Negara Kertagama”, ujar Eko.

Nagarakretagama artinya adalah Negara yang mempunyai sistem kepemimpinan pemerintahan yang bijaksana serta kuat karena berlandaskan pada nilai-nilai spritual religius, trahdisi, adat dan kebudayaan sehingga mencapai teman ripah roh jinawi tata tentream kertaraharja.

Konsep Kepemimpinan dari Mahapatih Gajah Mada, yaitu :

1.Abhikamika : pemimpin harus tampil simpatik, berorientasi kebawah dan mengutamakan kepentingan yang lebih besar dari pada kepentingan pribadi atau golonganya.

2.Prajna : pemimpin harus bersifat arif dan bijaksana, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi,dan agama, serta dapat dijadikan tauladan dan panutan orang banyak.

3.Utsada : pemimpin harus proaktif, berinisiatif, kreatif, dan inovatif (pelopor pembaharuan) serta rela untuk mengabdi tanpa pamrih untuk semua pemangku kepentingan.

4.Atmasampar : pemimpin mempunyai kepribadian, berintergritas tinggi, moral yang luhur serta obyektif mempunyai wawasan yang jauh kemasa depan untuk kemajuan bangsanya.

5.Sakya Samanta : pemimpin sebagaifungsi kontrol mampu mengawasi bawahannya secara efektif, eflsien, produktif dan berani bertindak adil tanpa pilih kasih.

BACA  TOKO SEMBAKO KELONTONG MEREK DAMAI DAPAT BANPRES RI UKM

6.Aksuda Parisakta : pemimpin harus akomoidatif, mampu memadukan perbedaan dengan permusyawaratan, pandai berdiplomasi serta menyerap aspirasi bawahan dan semua pemangl kepentingan. Maka Bangsa Nusantarajuga disebut Bangsa H.Arya atau Bangsa Para Ksatria Utama . Bangsa yang memiliki ke Agungan Spiritual.

Nusantara adaIah password (kala sandi) kemenangan Bangsa Indonesia dan Negarakretagama hasil dari kebiiakan spiritual kenegaraan jadi konsep kriteria kepemimpinan Mahapatih Gajah mada adalah Spiritual Kenegaraan, ucap Ketum GMRI

Eko berkata peran ANRI sebagai sumber Spiritual Kenegaraan adalah mencatat sejarah serta naskah yang disimpan didalam ANRI merupakan sejarah peninggalan yang mengandung nilai-nilai spiritual kebangsaan dan spiritual kenegaraan.Spirit perjuangan melawan penjajah. semoga kebangkitan Nasional, semangat Sumpah Pemuda. semangat Proklamasi Kemerdekaan adalah spiritual kebangsaan yang akhirnya membentuk spiritual kenegaraan.

Ibu Fatmawati menjahit Bendera Merah-Pulih. panitia persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menyiapkan kemerdekaaan Bangsa lndonesia adalah Spimual Kebangsaan Kenegaraan.

Jadi Konsep spiritual kebangsaan kenegaraan nusantara ada pada bendera kerajaan majapahit Sang Saka Getah Getih Samudra, tutup Eko

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.