Pelantikan PC PEWARNA Solo Jawa Tengah Sukses Digelar

Liputan
Bagikan:

Solo –t3lusur  Penaku Jadikan Solo Berseri dan Unggul, tema dalam Pelantikan pengurus PEWARNA cabang Kota Surakarta. Balai Tawang Praja Kota Surakarta menjadi tempat terselenggaranya acara pelantikan. Segenap jajaran pemerintah Kota Surakarta menghadiri acara pelantikan pengurus PEWARNA. Menghadiri secara langsung Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo, S.Sos, Jonaedi Ginting mewakili FKUB, SUWARTO mewakili Kodim 0735 Surakarta, Gesang Prihanto mewakili Walikota Surakarta Gibran, Monika R mewakili Polresta Surakarta, Koes Raharjo Ketua Golkar Surakarta, Pdt. Peggy dari GPIB Surakarta, Pdt. Anthon K dari BAGKS. (Rabu, 1 Desember 2021)

“Penaku merupakan kiasan. Penaku makna sebenarnya adalah jemariku. Jemari seorang jurnalis seperti api. Api yang bisa menghangatkan atau api yang menghanguskan, tergantung dari tujuan seorang jurnalis itu mau menuliskan untuk apa? Untuk menghangatkan atau menghanguskan.” ujar Lasma M Simbolon, ketua Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia Provinsi Jawa Tengah, saat memberikan kata sambutan usai prosesi pelantikan.

Pengurus Pengurus Cabang Pewarna Solo

Pertanyaan yang sering timbul saat mendengar bahwa ada sebuah organisasi wartawan nasrani. Mengapa harus ada? Bukankah sebaiknya bergabung dengan organisasi wartawan lainnya supaya kesannya tidak terkotak-kotak. “Kehadiran PEWARNA bukan untuk membuat kotak namun lebih kepada penyatuan visi dalam melakukan profesi dan karyanya benar-benar memiliki warna yang berbeda. Warna yang berbeda ini untuk menyeimbangi berita-berita hoax yang begitu cepat menyebar. PEWARNA memiliki visi untuk memberitakan kabar baik yang memberi harapan. Hadir untuk memberitakan hal yang positif.” Jelas Lasma dengan semangat dan dari yang hadir menyambut dengan aplaus tepuk tangan yang meriah.

Dalam sambutannya Lasma sebagai ketua pewarna Provinsi Jawa Tengah juga menegaskan bahwa dalam pemberitaan bukan berarti tidak kritis. Kritis itu sah saja namun berikan juga solusinya.

BACA  IBADAH NATAL 2019 DAN BUKA TAHUN BARU 2020 BPD GBI DKI JAKARTA

Kondisi saat ini di mana perkembangan internet dan media-media yang tidak terkontrol. Maraknya berita-berita hoax dan kecenderungan mempercayai badnews lebih cepat beredar daripada goodnews memerlukan penyeimbang.

“Menurut keimanan saya, Yesus Kristus datang tidak membawa agama. Namun yang Dia tonjolkan adalah sisi kemanusiaannya, sosialnya, itulah yang saya teladani.” Lanjut Lasma
PEWARNA Indonesia Harus Berbeda Dan Berdampak Baik

Lasma mengharapkan kehadiran PEWARNA di Surakarta benar-benar berbeda, memberikan teladan, fokus kepada visi yaitu mengabarkan kabar baik. Mengangkat sisi-sisi yang baik dari masyarakat, bagaimana membangkitkan sikap toleransi dan tolong menolong, tanggap dengan sekitar, apa yang masyarakat butuhkan. Supaya terwujud masyarakat yang maju, toleran dan rukun sehingga keutuhan NKRI tetap terjaga.

Senada dengan Lasma, Ketua DPRD Surakarta Budi Prasetyo juga mengharapkan kehadiran PEWARNA dapat memberikan dampak yang baik. Di tengah-tengah kota Surakarta yang memang sudah kondusif semoga PEWARNA benar-benar memberi warna yang positif bagi kota Surakarta sehingga Surakarta menjadi lebih kondusif lagi. “Selamat kepada pengurus PEWARNA cabang Kota Surakarta yang baru saja dilantik dan selamat bertugas.” Kata Ketua DPRD Surakarta.

Walikota Surakarta juga memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada pengurus PEWARNA Kota Surakarta yang baru dilantik. Untuk mencapai “perubahan” membutuhkan kemampuan mengolah informasi dan melakukannya. Gibran berharap PEWARNA dapat menyampaikan berita-berita autentik, rasional sehingga masyarakat mampu mencerna dan menyikapi suatu pemberitaan. “Dengan mengedepankan kode etik dan profesinalisme wartawan, saya berharap PEWARNA Kota Surakarta mampu memainkan peran dalam kepribadian, ketegasan dan keinginan.” Harap Gibran Walikota Surakarta.

Henry Melkianus Kailola sebagai Ketua pertimbangan Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia provinsi Jawa Tengah turut hadir, yang sebelum pelantikan memberikan arahan dan motivasi didaulat memberikan cendera mata kepada Ketua Golkar Solo Koes Raharja yang hadir begitu antusias. Tak ketinggalan Henky Narto Sabdo penasehat PEWARNA Indonesia Jateng yang juga Sekjend BAMAG LKKI.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.