MUKI dan API Sampaikan Protes Kemendikbud tentang Buku Pelajaran Agama SMP dan SMA yang Kontroversial

Liputan
Bagikan:

T3lusur-Jakarta-Dikantor Kemendikbud Jalan Sudirman Jakarta Selatan Selasa 2/3/21 bertempat di Gedung A MUKI dan API yang didampingi Pewarna Indonesia menyambangi Kemendikbud menyampaikan surat keberatan atas muatan isi buku pelajaran agama Islam dan budipekerti yang diterbitkan oleh kemendikbud.

Beberapa hari ini Masyarakat kembali di kejutkan dengan informasi dari anggota masyarakat yang beredar digrup Whatshapp. Informasi ini dalam bentuk surat elektronik yang ditujukan kepada Majelis Umat Kristen Indonesia melalui www.dppmuki@yahoo.com.

Isi surat diawali dengan pemberitahuan tentang buku pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014. (Red.Isi lengkapnya dapat kita baca di kedua buku tersebut ) Pada bagian akhir surat, penulis yang tidak mencantumkan namanya, meminta Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) untuk mengggugat pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan untuk melarang dan menghentikan penggunaan dan peredaran kedua buku tersebut, lakukan klarifikasi dan meminta maaf kepada umat Kristen.

Menyikapi keadaan yang bisa menimbulkan polemik yang berkepanjangan, maka MUKI bersama Asosiasi Pendeta Indonesia (API) pada selasa (2/02) mengantarkan Surat Bersama yang diantarkan oleh Ketua Umum API Pdt. Brigjen TNI (purn) Drs. Harsanto Adi S, MM, M.Th., Wakil Sekretaris Jenderal API Pdt. Estefanus Balaati, S.Th,  dan Sekretaris Jenderal MUKI, Drs. Mawardin Zega, M.Th.

Ketua Umum MUKI, Djasarmen Purba, S,H ketika dihubungi melalui sambungan telepon, setelah tim menyerahkan surat keberatan tersebut ke kemendikbud dengan tegas mengatakan bahwa melalui surat ini MUKI berharap Kemendikbud segera  menarik buku ini agar menjaga kerukunan umat beragama

Lanjutnya bukan saja buku ini saja tetapi kemendikbud juga melihat dan meneliti buku buku lain agar tidak terjadi lagi seperti muatan buku ini

BACA  Pdt Royke Bovie Rory Perayaan Jubelium 50 Tahun PGLLI Sebuah Momentum Untuk Pekabaran Injil

Bukan saja buku agama Islam tetapi juga buku buku agama agama lainnya termasuk buku agama kristen agar tidak ada muatan yang menciderai agama lainnya

Sebagai umat kristen mari tetap mengawal dan turut mencermati adanya buku buku yg beredar apabila ditemukan muatan yang bisa merusak kerukunan dan nilai kebangsaan tidak terjadi.

Pdt. Harsanto mengungkapkan bahwa tindakan berkirim surat ini semata meminta klarifikasi ke Kememterian selaku penanggungjawab buku pelajaran tersebut dan berharap bahwa kekeliruan ini dapat secepatnya di selesaikan.”Kami API minta seluruh pihak dapat menyikapi permasalahan ini dengan tenang dan tidak gaduh”, terang Harsanto.

Sementara Sekjen MUKI, Mawardin Zega, mengatakan bahwa Surat Bersama ini merupakan aspirasi umat Kristen. “Saya kira persoalan ini tidak dijadikan polemik, tapi diselesaikan baik-baik oleh instansi terkait, cetus Mawardin. Ia minta agar buku tersebut ditarik dan tidak digunakan karena isinya sangat bertentangan dengan apa yang di yakini umat Kristen di Indonesia.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.