PSI MENANAM MANGROVE DI TELUK NAGA

T3LUSUR
Bagikan:

Tangerang, t3lusur.com-Pohon mangrove sangat penting dan berguna disamping sebagai ekosistem pinggir pantai yang dimanfaatkan untuk mencegah bencana, seperti tsunami. Pohon yang biasa tumbuh di pinggiran pantai ini harus dilestarikan dan penanamanya perlu digalakan bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir pantai.

Pada hari Sabtu (28 November 2020) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), melalui DPD PSI kabupaten Tangerang, dalam rangka dirgahayu ke 6 yang bertepatan juga sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia menggelar aksi menanam pohon Mangrove.

Dalam pelaksanaanya, partai yang selalu memanggil kadernya Bro dan Sist ini, bekerjasama dengan Remaja Tabur Mangrove (RTM) di kecamatan Teluk Naga. Dalam sambutannya ketua DPD PSI Kabupaten Tangerang, Bro Adrian A. Nugroho, SH, MH, mengatakan bahwa “Aksi ini bukan hanya seremonial sesaat. Tetapi ini bukti nyata PSI hadir dan kerja untuk rakyat, salah satunya di bidang lingkungan hidup. Kerjasama dengan komunitas Remaja Tabur Mangrove (RTM) dengan menanam Mangrove ini, juga untuk menghidupkan eduwisata di Kabupaten Tangerang, secara khusus di Teluk Naga”.

Seluruh kader PSI Kabupaten Tangerang hingga unsur DPW PSI Banten, Komunitas RTM serta masyarakat sekitar turut serta dalam acara ini. Acara dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Kegiatan ini juga dimanfaatkan senam bersama untuk merajut kebersamaan dan soliditas bagi seluruh pengurus serta kader PSI dengan masyarakat. Pada akhiri kegiatan dilakukan penanaman 600 pohon Mangrove secara bersama-sama.

Sekretaris DPD PSI Kabupaten Tangerang, Sist Yenni Ernauli SIdauruk, S.I.Kom. mengatakan, ”Kepedulian dan peran PSI kepada masyarakat itu harus nyata, konkrit, bisa diukur dan harus dirasakan langsung oleh masyarakat. Dengan gerakan menanam Mangrove ini, masyarakat sekitar Teluk Naga merasakan manfaat kelestarian pantai dari bahaya abrasi, pantai terjaga dan menjadi destinasi wisata. Sehingga akhirnya menghidupkan ekonomi masyarakat sekitarnya.”

BACA  PEWARNA Gelar Daring Menimang Satu Partai Kristen 2024

Divisi sosial DPD PSI Kabupaten Tangerang, Bro Indrayanto menjelaskan mengapa dipilihnya menanam Mangrove, ”Hari ini mengadakan menanam Mangrove di Teluk Naga, dalam rangka ulang tahun PSI dan hari menanam pohon, guna merawat lingkungan yang ada. Itu bagian mencintai lingkungan, karena menanam Mangrove itu banyak manfaatnya.”

Sekretaris DPC PSI kecamatan Teluk Naga, Bro Markus, sebagai kader muda menyampaikan bahwa “PSI bekerjsama dengan semua pihak, mengadakan menanam Mangrove di daerah Teluk Naga, tepatnya di Tanjung Burung, untuk melestarikan lingkungan. Sebagai anak muda, kita harus peduli dengan lingkungan.” Demi menjaga lingkungan untuk masa depan generasi bangsa dan ibu pertiwi, sangat penting untuk menggalakan pelestarian lingkungan. Salah satu caranya adalah seperti yang sudah dilakukan oleh PSI, Remaja Tabur Mangrove (RTM) dan masyarakat kecamatan Teluk Naga. Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia dan dirgahayu ke 6 buat PSI. (APM)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *