Deklarasi Senkrisindo siap kerjasama dengan semua pihak

Liputan
Bagikan:

Jakarta, t3lusur.com-Sentral Kristen Indonesia (Senkrisindo) setelah sekian bulan digagas dan digodok Pdt. Herry Saragih akhirnya tepat hari Jumat 20 November di deklarasikan sekaligus pengumuman pengurus DPP Senkrisindo. Dekalarasi yang diawali dengan ibadah yang dipimpin Pdt Dr Nus Reimas mantan ketua umum PGLII yang juga mantan direktur LPMI ini,  di mana dalam nukilan kotbahnya Nus mengajak sepanjang Senkrisindo meletakan dasar pelayanan pada Tuhan, niscaya akan dipakai Tuhan dalam setiap pergerakannya. Terpenting bagi Senkrisindo adalah mau dipakai Tuhan dengan tetap menjaga hati sesuai dengan kehendaknya.

Deklarasi yang juga mengundang beberapa pimpinan aras dan ormas Kristen ini Nampak hadir Yohanes Handoyo Budhisejati Ketua umum Vox Point Indonesia, Ketua Umum Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia dan sekretaris Jendral MUKI, Mawadin Zega dan beberapa undangan lainnya,Sementara deklarasi digelar di aula Lembaga Alkitan Indonesia lt 9, Salemba Jakarta Pusat.

Senkrisindo dalam perjuangannya buah lembaga yang mengedepankan tiga perjuangan utama yakni pendidikan, kesehatan dan ekonomi kreatif. Lembaga yang diinisiasi Pdt Harry Saragih ini berawal dari niat untuk mewadahi semua anak bangsa dari berbagai  latar belakang profesi dan kemampuan baik rohaniawan, akademisi bahkan TNI Polri. Adapun Visi dan Misi daripada Sentral Kristen Indonesia. Visi: Menjadi Wadah Organisasi Untuk Mensejahterakan Umat Allah Bagi Kepentingan Bangsa

Karel Albert Ralahalu mantan gubernur Maluku dua periode yang saat ini dpercaya menjadi ketua umum Senkrisindo, dalam sambutannya setelah dilantik Karel bercerita saat diminta untuk menjadi ketua umum tentu sebagai seorang prajurit bersedia, apalagi lembaga ini bertujuan untuk memajukan anak bangsa.

Selanjutnya,bahwa ketiga program tersebut akan melakukan pemetaan terlebih dahulu, sambil membangun komunikasi antar lembaga, baik aras, ormas, yayasan dan pemerintah pusat maupun daerah. Dalam hal ini Karel mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersinergi bersama membangun kantong-kantong Kristen, agar mereka boleh sejajar dengan wilayah lainnya yang ada di bangsa ini.

BACA  Orang tua agar tak panik, harus berdamai dengan kondisi pandemi

Senkrisindo ujar purnawiran ini bertujuan pertama membangun wilayah timur dan lainnya, baik SDM, potensi sumber daya alam (termasuk pariwisata), pertanian, hutan, laut serta potensi lainnya untuk mendukung pembangunan, guna mensejahterakan umat Tuhan dan masyarakat setempat. Kemudian Senkrisindo  juga bergerak menyatakan bahwa Injil adalah kekuatan Allah, sehingga hanya kuasa Allah  yang sanggup memberikan perubahan.

Memang untuk mencapai tujuan tersebut perlu restra dan restra tersebut dituangkan dalam periode 2020-2045. Namun langkah jarak pendeknya yang segera dilaksanakan focus kantong Kristen yakni Papua, Papua Barat, NTT dan wilayah lainnya. Kemudian Senkrisindo akan membina hubungan dengan Gubernur dan para Bupati, kepala suku/adat setempat. Kemudian kembali akan mengiventarisir persoalan setiap wilayah, dan apa yang sudah dilakukan pada wilayah tersebut dan tentu saja juga melakukan inventaris potensi setiap wilayah.

Dalam pergerakannya ini Senkrisindo mengambil dasar firman Tuhan dalam Yohanes 9: 4 Selama masih siang akan datang malam, di mana tidak seorangpun yang dapat bekerja.

Dalam deklarasi ketua umum membacakan janji yang diikuti oleh semua jajaran pengurus, sedangkan ketua dewan Pembina memukul gong tanda Senkrisindo sudah dideklarasikan dan siap bekerja.

Sementara Pdt Dr. Harry Saragih merasa lega dengan usianya deklarasi ini, setelah sekian lama mencari orang yang tepat dalam pengurusan DPP, dan hari ini benar-benar Senkrisindo dideklarasikan ini tanda yang baik karena setelah deklarasi akan segera menentukan langkah nyata untuk mewujudkan program mendatang. Agar tiga inti dari visi ini dapat tercapai yakni bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kreatif.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *