Peluncuran Program #AjakGerak

T3LUSUR
Bagikan:

Jakarta, t3lusur.com-Hari Sabtu, 5 September 2020, Staf Khusus Presiden Ayu Kartika Dewi ngobrolin “Gimana Caranya Ngajak Orang Bergerak?” bareng Ibu Sri Mulyani Indrawati/SMI (Menteri Keuangan RI), Najelaa Shihab/Mbak Elaa (Inisiator Semua Murid Semua Guru), Alfatih Timur/Timmy (Founder KitaBisa.com), dan William Utomo (Founder & COO IDN Media). Acara dibuka dengan doa bersama lintas agama dan kepercayaan dan dilanjut dengan ngobrol bareng.

Acara ngobrol sore yang dihadiri kurang lebih 500 peserta ini ngebahas tentang motivasi dan suka dukanya ngajakin orang bergerak untuk ngerjain hal-hal yang bermanfaat buat sesama. Semua pembicara sepakat kalau kegelisahan akan suatu kondisi adalah motivasi awal untuk bergerak. Dalam konteks sebagai pemimpin lembaga negara, Ibu SMI berpesan untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia walaupun banyak problem yang harus dibenahi. Beliau bilang, “Selama 12 tahun tinggal di luar Indonesia, membuat saya punya perspektif yang lebih luas dalam melihat problem di Indonesia.” Terus, Timmy nambahin kenapa awalnya tergerak bikin KitaBisa.com karena sempet disuudzonin, “Dulu waktu masih mahasiswa saya jualan untuk ngumpulin donasi, terus orang pada suudzon dananya bakal dipakai untuk apa.”

Memulai suatu gerakan itu memang gak mudah, tapi bukan berarti gak ada sukanya. Semua sepakat kalau melihat dampak dari apa yang kita kerjakan jadi penyemangat di tengah lelahnya bergerak dan mendapat kritik atau bahkan cemoohan. Kayak William yang bilang, “Kalau di acaranya IDN Times, biasanya saya duduk bareng penonton, jadi bisa langsung dengerin komentar mereka dan itu jadi penyemangat.” Timmy juga sepakat kalau melihat adanya perubahan bisa memvalidasi semangat dan mencegah gerakan kita jadi placebo, melainkan mengobati. Mbak Elaa juga nambahin, “Never take everything personally. Membiasakan diri nyari feedback, jangan ngerasa paling keren. Ada kritik yang konstruktif dan berguna, ada yang tujuannya menjatuhkan. Learn what to ignore. Jadi penggerak harus bisa bedain itu.”

BACA  Ormas (organisasi kemahasiswaan ekstra kampus) khusunya GMKI merupakan elemen strategis dan simpul penting
Ibu Sri Mulyani

Ayu kemudian jelasin kalau #AjakGerak ini dibuat untuk ngajakin komunitas/organisasi yang punya program keren untuk daftarin programnya. Ayu bakal mendonasikan sebagian gajinya sebagai Staf Khusus Presiden dan ngajak kalian berdonasi lewat KitaBisa dan daftar sebagai relawan lewat Indorelawan untuk bantuin komunitas/organisasi yang terpilih.

Ayu bikin #ajakgerak karena ingin pay it forward. Tahun 2012,  Ayu ikut kompetisi ide dan mendapatkan sejumlah uang sebagai dana awal bergeraknya SabangMerauke. Dana awal ini ngasih semangat agar Ayu terus bergerak. Nah, sekarang Ayu ingin membantu komunitas/organisasi lain dan ingin dengar langsung concern anak-anak muda tentang apa yang bikin mereka risau sekalian ngasih mentoring.

Buat komunitas/organisasi yang mau ikutan AjakGerak, pendaftarannya dibuka setiap tanggal 1-15 dan pengumuman pemenang dan tema bulan berikutnya setiap tanggal 25. Tema bulan September adalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jadi, program apapun yang punya kaitan dengan PJJ bisa segera daftar. Buat komunitas/organisasi yang belum punya program terkait, tungguin tema-tema di bulan berikutnya!

Buruan daftarin program kalian di: bit.ly/ngajakgerak

Info lebih lengkapnya bisa cek di highlight IGS @ayukartikadewi atau cek hashtag #ajakgerak

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *