Menyiapkan Pemimpin Masa Depan Melalui Program Beasiswa Lentera Bagi Bangsa

T3LUSUR
Bagikan:

Tangerang, t3lusur.com-Pendidikan adalah langkah awal masa depan generasi bangsa. Kenyataannya, tidak semua anak bisa melanjutkan sekolah. Lentera Bagi Bangsa (LBB) merupakan program untuk mendukung siswa-siswi dari keluarga dengan finansial terbatas di Sekolah Lentera harapan (SLH) agar dapat melanjutkan sekolah dengan pendidikan yang berkualitas. LBB dibentuk dengan keyakinan bahwa tiap anak berhak menikmati pendidikan dan dengan pendidikan yang tepat, siswa akan cenderung memutus lingkaran kemiskinan, menjalani kehidupan yang lebih sehat, matang secara sosial dan psikologis, berkontribusi pada ekonomi Indonesia dan menjadi pemimpin masa depan dalam masyarakat.

Program ini melayani siswa kurang mampu dari 26 SLH di Indonesia dari Nias sampai Papua. Dari 26 sekolah tersebut, 17 sekolah terletak di Indonesia Timur (Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua) dan 8 di antaranya terletak di pedalaman Papua.

Sejak tahun 2005, LBB yang sebelumnya bernama Orang Tua Asuh (OTA) sudah membantu sekitar ribuan siswa dari jenjang TK, SD, SMP, sampai SMA untuk dapat melanjutkan pendidikan di sekolah-sekolah Lentera Harapan yang tersebar di berbagai daerah. Tahun ini hampir 3.000 siswa membutuhkan bantuan agar tetap dapat melanjutkan sekolah. Jumlah ini adalah 25% dari total 11.000 siswa Sekolah Lentera Harapan. Salah satunya Albertus Ardianto, siswa kelas 11 SLH Jati Agung, Lampung. Ia merasa dengan adanya program LBB ini, sangat terbantu dalam meringankan beban keluarganya sehingga ia tetap bisa melanjutkan sekolah dan menggapai cita-citanya.

“Saya senang, karena di SLH Jati Agung mendidik saya menjadi taat dan disiplin. Saya bersyukur LBB telah meringankan beban keluarga kami, dengan demikian saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberi untuk menempuh pendidikan. Saya akan bersungguh-sungguh dalam belajar dan meraih cita-cita saya menjadi dokter hewan,” kata Albertus.

BACA  LMI Bali Berbagi Kasih di Masa Pandemi

Hal yang sama dirasakan oleh Novijayanti, Ibu dari Mikha Mariana, siswi kelas 2 SD SLH Jati Agung, Lampung. Ia bersyukur bahwa anaknya Mikha bisa tetap melanjutkan sekolah dengan bantuan dari program LBB.

“Modal nekat sebenarnya ingin Mikha sekolah di sini, saya bilang ke kepala sekolah agar Mikha bisa sekolah tapi saya tidak tahu kapan bisa bayar, pokoknya saya akan bayar. Tapi, ternyata Mikha bisa diusahai untuk mendapat bantuan. Gak pernah nyangka seumur-umur belum pernah dapat yang seperti ini. Saya juga senang mendengar Mikha punya cita-cita menjadi guru, terus terang saya merasa bangga dan menantikan kapan hari itu akan datang, cita-citanya bisa tercapai,” ungkap Novijayanti.

Ir. Nursari D. Lugito, Direktur Lentera Bagi Bangsa (LBB) mengajak para masyarakat untuk mengambil bagian menjadi donatur bagi siswa yang membutuhkan pertolongan untuk melanjutkan sekolah.

Motto dari LBB adalah #BantuSatuBantuSemua. Begitu banyak siswa yang membutuhkan bantuan, dan jumlahnya bertambah di masa pandemi ini. Jika masing-masing kita tergerak untuk membantu satu anak saja, kita sudah menolong siswa yang sangat membutuhkan biaya pendidikan supaya tidak putus sekolah. Jadi, jangan ragu-ragu, dengan membantu satu anak saja, Anda sudah memberikan pertolongan bagi siswa yang sangat membutuhkan pertolongan, untuk melanjutkan sekolah. Dari satu nanti kami harapkan akan menjadi banyak,” jelas Nursari.

Bagi masyarakat yang tergerak untuk menjadi donatur melalui program LBB, anda dapat memberikan beasiswa pendidikan untuk membayar uang sekolah siswa minimal satu tahun sebesar Rp 300.000 per bulan atau Rp 3.600.000 per tahun atau untuk anak-anak pedalaman di Papua sebesar Rp 500.000 per bulan atau Rp 6.000.000 per tahun. Donasi ini dapat diberikan sekaligus untuk satu tahun atau per bulannya melalui transfer bank, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), GoPay, atau kartu kredit.

BACA  UNTUK MENGENANG SRIKANDI MISI UDARA ITU

Memberikan donasi melalui LBB saat ini juga lebih mudah dengan mengakses website di www.lenterabagibangsa.org. Dalam website tersebut, donatur dapat memilih siswa yang ingin dibantu dengan melihat foto dan keterangan informasi lainnya mengenai siswa-siswi SLH yang membutuhkan bantuan beasiswa pendidikan dari berbagai area di Indonesia.

Selain memberikan donasi beasiswa, terbuka juga kesempatan untuk berdonasi hanya satu kali, yaitu dengan menyumbang buku pelajaran dan perpustakaan sebesar Rp 300.000, seragam sekolah sebesar Rp 200.000, atau sekedar hanya ingin berdonasi dalam jumlah bebas mulai dari Rp 10.000 untuk masuk ke dalam kas LBB. Pilihan ini juga dapat dilakukan melalui website www.lenterabagibangsa.org.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Anita Purwanti 0811 894 1500, atau melalui e-mail di info@lenterabagibangsa.org dan mengikuti sosial media LBB di Instagram @lenterabagibangsa untuk mengetahui informasi dan kegiatan terkini. Mari berdonasi melalui Lentera Bagi Bangsa, dan jadilah lentera bagi masa depan mereka.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *