Menekan Penyebaran Covid-19 Melalui Kegiatan Launching dan Penyerahan Hand Sanitizer dan Hand Soap Berbahan Utama Sawit

Liputan
Bagikan:

Jakarta, t3lusur.com Dalam rangka mengurangi wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi selama ini, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) bekerja sama dengan Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC) LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB)  mengadakan kegiatan Penyerahan Sabun Tangan Cair dan Penyanitasi Tangan Berbahan Sawit yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto di Gedung Prijadi Praptosuhardjo, Kementerian Keuangan pada Jum’at, 4 September 2020.

Tujuan BPDP-KS dan SBRC mengadakan program ini adalah untuk menurunkan angka perluasan penyebaran virus Covid-19 terutama pada zona merah yang terinfeksi di Indonesia. Pemberian hand sanitizer dan hand soap yang berbahan utama sawit (glierol) ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan mencegah tertularnya virus Covid-19 agar tetap sehat dan
mampu menekan angka penularan dari virus tersebut. “Kegiatan ini merupakan implementasi kebijakan, dimana kita dapat menghasilkan produk kesehatan yang dihasilkan dari salah satu kekayaan alam di Indonesia, melalui penggunaan
teknologi yang dihasilkan oleh anak bangsa kita sendiri dan melibatkan kegiatan ekonomi rakyat melalui usaha kecil menengah” kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian. Keuangan, Andin Hadiyanto di Gedung Prijadi Praptosuhardjo Kementerian Keuangan, Kamis (04/09/2020).

Target program penyebaran produk ini berada di daerah-daerah berzona merah dari virus Covid-19 di berbagai lokasi di Indonesia. Tercatat, ada sebanyak 10.000 pcs yang akan disebarkan ke masing-masing daerah dengan tingkat kasus tertinggi di Indonesia.

Dirjen Perbendaharaan menambahkan untuk tetap optimis dan maju di kala pandemi menjadi kunci keberhasilan kita menghadapi permasalahan yang dihadapi, “Jangan membiarkan krisis Covid-19 ini membuahkan kemunduran, tetapi justru harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan”.

Selain dihadiri oleh Direktur Utama BPDP-KS, Eddy Abdurrachman kegiatan ini dihadiri oleh stakeholders lainnya dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Kesehatan, Institut Pertanian Bogor, Kepala Pusat SBRC dan Badan Layanan Umum Kesehatan (BLU), serta sederet jurnalis dari media nasional.BPDP-KS memfasilitasi dukungan pengadaan hand sanitizer, hand soap anti septic dan anti bakteri untuk wilayah Jabodetabek dengan bekerja sama dengan Badan Layanan Umum
Kesehatan di wilayah Jabodetabek.

BACA  Personil Satuan Lalu Lintas Polres Madina, Membantu Seorang Kakek Menyeberang Jalan

Selanjutnya, tindak lanjut distribusi akan diberikan kepada rumah sakit yang berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) sebagai arahan Menteri Keuangan dalam bekerja sama dengan BLU kesehatan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

Sekilas Tentang BPDP-KS
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) merupakan unit organisasi non eselon di bidang pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan.BPDPKS bertugas untuk melaksanakan pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan komite pengarah dengan memperhatikan program pemerintah.

Adapun komite pengarah dimaksud terdiri dari 8 (delapan) kementerian, yakni Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Ketua), Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Perencanaan
Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Berbagai program yang dilakukan BPDKS, di antaranya ialah Program Pengembangan Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit, Program Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit, Program Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati, Program Penelitian dan Pengembangan, Program Promosi, Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). (Johan Sopaheluwakan/Hj. Lili Judiarti).

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *