Portal Kabarbagus.net Launching di Toraja

T3LUSUR
Bagikan:

Toraja, t3lusur.com-Tepat pada Hari Ulang Tahunnya, Pdt. Sufriadi, M.S, M.Th yang merupakan Ketua DPP GAMKI Bid.Kerohanian dan Persekutuan, telah mempersembahkan sebuah portal untuk Indonesia. Pada hari Minggu, 10 Mei 2020 ia mendirikan dan melaksanakan soft launching sebuah portal anti-hoaks.

Menurut Sufriadi, KabarBagus.net adalah sebuah platform untuk menyampaikan kabar, berita, kisah, yang benar-benar real (nyata) di tengah-tengah masyarakat khususnya pada kaum muda di seluruh Indonesia. Melalui platform ini, maka setiap orang menerima berbagai informasi multidimensi yang dapat menginspirasi dan memotivasi banyak orang.

KabarBagus.net hadir sebagai salah satu upaya untuk tampil dalam arena “news war” ataupun dalam panggung perlombaan berita, agar kabarbagus.net akan lebih mendominasi berbagai berita khususnya bagi kaum muda, sehingga melalui kabar bagus itulah kaum muda dapat mengeksplorasi kehidupan dengan berbagai potensi yang dimiliki.

Tentu ada banyak tantangan dalam melakukan setiap upaya dan niat baik. Dibutuhkan kekuatan besar sebagai daya dorong untuk menjawab harapan bangsa ini. Salah satu daya dorong dan sekaligus menjadi harapan bersama adalah kiranya KabarBagus.net bisa ikut mencerdaskan kehidupan bangsa demi Indonesia yang lebih baik”.

Selanjutnya ia memaparkan bahwa tujuan dibentuknya portal ini yaitu untuk ikut serta atau terlibat dalam perang melawan hoaks dan fake news, dengan melibatkan kaum muda (milenial, gen Z, dan alpha), Membangun literasi berkualitas dan positif di kalangan anak muda yang bisa menginfluens masyarakat luas. Selain itu dengan Kabarbagus.net ini kita membangun sebuah platform media multidimensi yang dapat dipakai untuk mengangkat berbagai potensi kaum muda di Indonesia agar dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

Kegiatan soft-launching ini dilaksanakan dengan mengadakan Diskusi Online Portal Media Anti-Hoaks & Soft Launching KabarBagus.net dengan Tema: “Pemuda Indonesia meredam hoaks dalam pusaran Covid-19”.

BACA  Fredrik J. Pinakunary Ketua Umum PPHKI: Segera Bentuk TPF agar Terungkap dengan Jelas

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Seperti, Pdt. Sufriadi (founder Kabarbagus.net) akademisi UKI Toraja & STAKN Toraja), Billy Mambrasar (Staf Khusus Presiden RI), Imanuel Sale, S.Si.Teol. (Ketua Bidang Pemuda Sinode GMIH/Gereja Masehi Injili di Halmahera), Yosi Mokalu (Ketua Umum Siberkreasi/ penyanyi Project Pop) dan Alan Christian Singkali (Direktur Pendidikan & Sosialisasi IAAC/Institute for Action Against Corruption)

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom dan disiarkan melalui live streaming YouTube. Pelaksanaan Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai kalangan muda dari berbagai tempat.

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini langsung dipandu oleh profesional muda sebagai moderator yaitu Prisa Sombo Datu (jurnalis MNC Grup) dan host yaitu Christian Kevin Lalanlangi Pakan yang merupakan reporter iNews TV.

Billy Mambrasar sebagai Staf Khusus (Milenial) Presiden RI mengatakan bahwa dia mengapresiasi gerakan Pdt. Sufriadi untuk membangun literasi digital dan juga mengedukasi pemuda Indonesia untuk menciptakan konten positif dan membangun. Billy menambahkan bahwa dirinya akan menyampaikan ke Kementerian Komunikasi dan Informasi bahwa portal seperti ini yang mestinya didukung oleh pemerintah dan diberi rewards agar semakin giat dalam menciptakan konten positif dan aktif dalam memerangi hoax.

Yosi Mokalu, yang adalah personel Project Pop dan juga sebagai Ketua Umum Siber Kreasi pun sangat mensupport portal ini dan berharap bahwa portal ini kiranya ikut mengambil bagian dalam memerangi hoaks di Indonesia. Ia juga berpesan agar anak muda lebih giat untuk mem-filter segala berita yang tersebar sehingga hoaks semakin bisa diredam.

Turut juga hadir, Imanuel Sale yg merupakan Ketua Pemuda Sinode GMIH. Beliau mengatakan bahwa portal seperti ini sangat efektif untuk membawa pemuda menjadi lebih kreatif dan ikut memerangi hoaks.

BACA  BENNY SUSETYO: BANGUN POLITIK BERADAB AGAR MEMILIKI MARTABAT

Alan Christian Singkali (Direktur Institute for Action Against Corruption/IAAC) yang juga sebagai Ketua DPP GAMKI, menambahkan bahwa portal seperti ini tentu akan memberi dampak positif pada upaya bersama memerangi hoaks di Indonesia. Hoaks adalah salah satu pola koruptif yang harus diperangi. Tidak hanya lahir alamiah di tengah masyarakat, namun juga ada yang disetting oleh buzzer dan bot, sebagai akibat dari fenomena sosial politik yang bergesekan kuat.

Harapan bersama, baik dari founder kabarbagus.net maupun narasumber serta peserta diskusi online bahwa portal ini benar-benar dapat berdampak bagi Indonesia khususnya dalam upaya memerangi hoaks di Indonesia serta mengajak seluruh pemuda di Indonesia untuk bersama menjadi penggerak utama dalam menciptakan konten positif, kreatif dan inovatif.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.